Keluaran Terbaru Toyota Fortuner VNT

Toyota Luncurkan Mobil Keluaran Terbaru Grand New Fortuner VNT


mobil keluaran terbaru

Sejak pertama diluncurkan pada 2005 lalu dengan Toyota Fortuner sudah banyak mengalami metamorfosis. Kini PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menghadirkan varian terbaru Fortuner, yakni Grand New Fortuner VNT with Intercooler. Kendaraan SUV 4×2 yang dilengkapi mesin diesel VNT ini lebih tangguh dan bertenaga.

Mobil keluaran Terbaru Fortuner anyar ini mengusung beberapa fitur baru yang menjadi key selling point, salah satunya new engine 2 KD-FTV Turbo yang mengantikan mesin lama 2 KD-FTV. Dengan perubahan mesin diesel baru, Fortuner anyar ini memiliki power dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya, sehingga respon dan akselerasinya pun menjadi lebih baik.
Perubahan lainnya selain mesin, Grand New Fortuner Diesel VNTurbo mempunyai Hood Scoop pada bagian tengah kap mesin, fungsinya untuk menyalurkan udara dingin ke Intercooler. Teknologi VN (Variable Nozzle) berfungsi untuk mengontrol dalam mengoptimalkan kinerja mesin turbo dalam menghasilkan output yang disalurkan ke seluruh mesin.

Sekilas melihat modelnya, hampir tak ada perubahan di sisi desain Grand New Fortuner VNT. Sebagai pembeda, bagian kap mesin kini memiliki lubang airscoop. Sumber dari Toyota mengatakan, bahkan sampai interior dan bodi belakang tak ada perbedaan berarti dari versi sebelumnya. Mengintip spesifikasi di luar, perbedaan tenaga dari sebelumnya yang hanya punya 102 dk, dengan varian kali ini yang memiliki power 144 dk. Jelas bakal menarik minat diesel freak Tanah Air.

Mesin masih mengadopsi sama dengan D-4D 4-silinder, 2,5 liter plus turbo. Di Afrika Selatan, mesin Fortuner VNT 2,5 liter menyemburkan tenaga 142 hp atau lebih besar dari 40 hp dari diesel non-turbo. Masih versi Afsel, torsinya 343 Nm pada 1600-2800 rpm atau naik 83 Nm dari diesel non-turbo.

Fortuner VNT Mobil Keluaran Terbaru Toyota Dengan Tenaga Lebih Besar


Mobil Keluaran Terbaru Toyota Grand New Fortuner Diesel VNTurbo dengan Intercooler merupakan mesin baru yang menggunakan Variable Nozzle van Turbo (VNT) sehingga mampu memberikan tekanan udara yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah dan hasilnya torsi menjadi lebih besar di putaran mesin rendah.

Turbo pada dasarnya memaksakan udara masuk ke ruang bakar dari tekanan gas buang ke turbin. Untuk teknologi VNT ini memungkinkan baling-baling turbin yang didorong oleh gas buang mengalami perubahan sudut atau posisi sesuai dengan putaran mesin.

Pada VNT, turbin turbo akan berubah menurut injakan pedal gas dan kecepatan kendaraan. Tujuannya, memaksimalkan aliran udara dengan bahan bakar yang masuk. Alhasil, turbo pun bakal bekerja dengan rentang putaran mesin yang lebih lebar. Tentu, semuanya diatur oleh komputer atau ECU. Dengan demikian, VNT tidak menimbulkan apa yang disebut dengan 'turbo lag'. Kasus ini terjadi ketika tekanan gas buang kurang kuat untuk mendorong baling-baling turbin.

Fortuner Diesel seri sebelumnya menggunakan mesin 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC D-4D dan sekarang diganti model 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC D-4D VN Turbo Intercooler. Pada mesin baru ini menghasilkan daya maksimum 144 ps/3,400 rpm, ini berarti mengalami peningkatan dari mesin yang lama dengan daya maksimum 102 ps/3,600 rpm. Begitu juga pada torsi maksimum mengalami peningkatan sebesar 35 kgm/1,600-2,800 rpm dari 26.5 kgm/1,600-2,400 rpm.


Toyota Grand New Fortuner ini dilepas sedikit lebih mahal Rp 10 juta dari model sebelumnya dengan empat varian pilihan. Untuk model G (transmisi manual) Rp 387 juta, V (otomatis) Rp 397 juta, TRD Sportivo (manual) Rp 411,9 juta dan TRD Sportivo (otomatis) Rp 421,9 juta. Pilihan warnanya terdiri dari Silky Gold Mica Metallic, Silver Metallic, Black Mica, Dark Grey Mica Metallic, Dark Steel Mica, dan Super White II.(kpl/why/vin)

Mobil keluaran terbaru fortuner untuk tipe TRD akan tetap dihadirkan selain tipe G. Sistem transmisi terbagi dua pilihan yaitu manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Kabarnya Fortuner VNT dibandrol dengan harga Rp 401 juta dan Untuk versi termahal (TRD A/T) dibandrol dengan harga Rp 437 juta.

Lampu depannya untuk versi TRD menggunakan proyektor, juga lampu sein di fender. Sementara lampu belakang New design 3D look (untuk non-TRD), sedangkan versi TRD dengan Multireflector. Untuk TRD, pemasangan emblem 'TRD Sportivo' pun terpampang di body. Untuk kesan sporty juga dilengkapi dengan side skirt dan rear bumper spoiler. Tak ketinggalan, adanya spion tanduk di bagian hidung.

Masuk ke kabin, setir non-TRD menggunakan desain baru dengan ornamen black wood grain, sementara versi TRD-nya terdiri dari 4 palang berbahan kulit dengan steering switch. Adapun versi TRD otomatis menggunakan sistem elektrik untuk menggeser kursi ke depan-belakang.

Untuk melengkapi aksen sporty di ruang interior, bahan serat karbon juga dipergunakan. Penggunaan bahan ini terlihat di dashboard yang mengelilingi head unit dan AC. Selain itu bahan ini juga dipergunakan pada shift knop transmisi. Multi Information Display disandingkan dengan cup holder yang bisa dilipat kala tidak digunakan. Untuk urusan mundur, pengendara pun akan dikawal dengan sensor empat titik. Keterangan diperoleh dari berbagai sumber










0 comments:

Post a Comment

 

Mobil Keluaran Terbaru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger